Wisata

Pesona Eksotis Objek Wisata Gunung Laya di Majalengka

Senin, 12 Desember 2022 - 00:51 | 83.55k
Lokasi Objek Wisata Gunung Laya di Majalengka. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia
Lokasi Objek Wisata Gunung Laya di Majalengka. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Pesona eksotis objek wisata Gunung Laya atau lebih dikenal dengan nama GL 20 yang berada di Desa Argasari, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya.

Destinasi yang letaknya berjarak sekitar 4,5 kilometer dari Alun-alun Kecamatan Talaga ini cukup mudah akses. Walau medan jalannya cenderung menanjak, namun jika dengan berkendara, pengunjung hanya butuh waktu sekitar 10 menit bisa sampai ke lokasi.

Advertisement

Kepala Desa Argasari, H. Pupu Syarifuddin mengatakan bahwa adanya objek wisata yang dibangun di atas tanah yang berada di dataran tinggi seluas 7 hektare itu ditujukan untuk kemajuan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya upaya dalam mewujudkan pemulihan ekonomi di daerahnya.

"Tahun 2020, GL 20 baru kita gagas, sedangkan rintisan pembangunannya mulai dibuka awal tahun 2022. Mengenai pengelolaannya sendiri di bawah naungan Bumdes Bina Mandiri, Desa Argasari," jelas Pupu Syarifuddin kepada TIMES Indonesia, Minggu (11/12/2022).

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan inovasi dan penambahan fasilitas-fasilitas lainnya, seperti diantaranya kolam renang. Hal itu seiring dengan adanya masukan berupa permintaan dari pengunjung.

Wisata-Gunung-Laya-2.jpgLokasi Objek Wisata Gunung Laya di Majalengka. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia

Selain itu juga pihaknya memiliki program ke depan, yaitu akan membuka tempat edukasi anak tentang perpustakaan terbuka, taman anak-anak, taman kelinci dan hiburan yang lainnya. 

Kemudian, disamping itu ditambah program untuk percepatan penanggulangan stunting sesuai dengan program pemerintah melalui program gemar minum susu (Gerimis) yang dalam penerapannya akan dikolaborasikan dengan sistem ticketing.

"Nanti jika ada pengunjung yang masuk ke wahana khusus untuk anak-anak, maka akan dikenakan harga tiket yang sudah dipaketkan dengan pembelian susu," jelasnya.

Ia menyatakan tidak menutup kemungkinan akan menggandeng investor untuk pengembangan objek wisata Gunung Laya. Namun, kata dia, asalkan kerjasama tersebut sesuai dengan aturan desa yang dipegang oleh Bumdes.

Fasilitas Objek Wisata Gunung Laya

Selain udaranya sejuk, wahana Gunung Laya ini memiliki sejumlah fasilitas di dalamnya seperti cafe, arena bermain anak-anak, gazebo lesehan, mushola, panggung khusus untuk hiburan dan toilet.

Salah satu bagian fasilitas yang digemari oleh wisatawan yakni spot untuk berswafoto dengan latar pemandangan yang terlihat dari atas.

Bahkan, dari spot itu dapat terlihat pula dari kejauhan Desa Sukasari, Banjaransari, Sindang, Jatipamor berikut kawasan Cijiking, Malongpong, Rawa Cingambul hingga ke daerah perbatasan Jahim.

Wisata-Gunung-Laya-3.jpgLokasi Objek Wisata Gunung Laya di Majalengka. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia

Bila saja di spot tersebut pengambilan foto dilakukan pada waktu beranjak petang atau malam, maka akan nampak gemerlap lampu-lampu pemukiman warga layaknya objek wisata bertemakan city light.

Harga Tiket Masuk Gunung Laya

Pengunjung yang datang ke Gunung Laya dijamin akan merasa senang dengan murahnya biaya yang harus di keluarkan. Harga tiket masuk pada hari-hari biasa sebesar 7 ribu plus fasilitas wifi gratis dan untuk weekend hanya 10 ribu saja per orangnya.

Dengan biaya tiket yang sangat ekonomis menjadi salah satu sebab, mengapa destinasi wisata Gunung Laya ini tak pernah sepi dari wisatawan.

Nah, bagi anda yang berencana mengisi liburan bersama teman atau keluarga, tak ada salahnya jika mencoba sensasi pesona eksotis objek wisata Gunung Laya di Majalengka yang menarik untuk dikunjungi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES