Wisata

Cocok Diminum saat Cuaca Panas , Es Kelapa Muda di Banyuwangi Laku Keras

Rabu, 18 Oktober 2023 - 17:25 | 59.16k
Salah satu lapak penjual Es Kelapa Muda atau Es Degan di Jalan Hos Cokroamintono, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Mursidi (77). (FOTO: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)
Salah satu lapak penjual Es Kelapa Muda atau Es Degan di Jalan Hos Cokroamintono, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Mursidi (77). (FOTO: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Cuaca panas dengan suhu udara tinggi dan kering yang tengah melanda, mendorong minat masyarakat Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk mencari minuman yang menyegarkan dahaga. Es Kelapa muda telah menjadi primadona yang saat ini banyak diburu.

Kebutuhan masyarakat akan konsumsi air saat ini, agar tetap mempertahankan tubuh dari dehidrasi. Maka tak salah, apabila Es kelapa muda menjadi minuman andalan penyejuk tenggorokan dimusim panas. Terlebih, kandungan air kelapa dikatakan bisa mengganti cairan pada tubuh yang hilang.

Adanya fenomena es kelapa muda yang tengah banyak dicari masyarakat saat cuaca sedang panas ini, dijelaskan oleh salah satu pedagang es kelapa muda Jalan Hos Cokroaminoto, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Mursidi. Dirinya mengatakan jika pembeli es kelapa muda memang ramai saat panas luar biasa ini.

“Di sekitaran sini saja ada kurang lebih 3 penjual es kelapa muda termasuk saya, yang saat ini alhamdulilah banyak dibeli,” ucap Mursidi, Rabu (18/10/2023).

Pria paruh baya itu juga mengungkapkan, meskipun dalam berjualan tidak ada kepastian hasil setiap hari, namun dirinya mengaku memang merasakan adanya peningkatan hasil penjualan es kelapa muda. Dalam sehari dia bisa menghabiskan dua sampai empat tandan kelapa muda.

Es-Kelapa-Muda-2.jpgPembeli Es Kelapa Muda dilapak Mursidi. (FOTO: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

“Untuk penghasilan sendiri sehari lebih dari Rp200.000. kadang juga tidak menentu paling kecil Rp50.000,” kata kakek yang sudah berumur 77 tahun itu.

Mursidi mengaku, dirinya berjualan es kelapa muda memang tidak banyak membawa kelapa muda, pasalnya umur dan tenaganya yang tidak seperti dulu lagi, membuat dirinya yang mudah lelah saat bekerja.

Lapak Mursidi yang terletak didepan Dinas Pekerjaan Umum Cipta karya Perumahan dan permukiman (PUCKPP) Banyuwangi, tak sedikit mendapat pembeli dari pegawai dinas tersebut. Selain itu ada juga yang membeli kelapa muda utuh untuk dibawa pulang.

Dengan harga murah, Rp5.000 pembeli sudah dimanjakan oleh segar dan sejuknya es kelapa muda yang bisa menghapus dehidrasi dalam tubuh. Bahkan, Mursidi juga memberikan susu apabila pembeli memesan es degan susu.

“Saya biasanya buka dari jam 9 sampai sore,” tandas pria kelahiran 1945 itu.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi, Amir Hidayat mengatakan, apabila air kelapa memang baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang saat sedang beraktivitas tinggi dicuaca panas.

Kandungan Ion-ion alami, elektrolit hingga mineral yang dimiliki air kelapa, bisa berfungsi untuk mencegah dehidrasi dan mengembalikan stamina dalam tubuh.

“Air Kelapa itu isotonik alami baik saat diminum saat tubuh kekurangan cairan,” terang Amir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES